Follow Us :

SKK MIGAS TERBITKAN PERSETUJUAN PROCUREMENT LIST 2023, ADPMET MENDORONG BUMD YANG MENDAPAT PI 10% BISA SEGERA BERSIAP DIRI DAN MEMBIDIK PELUANG BISNIS PENGEMBANGAAN USAHA DI BIDANG MIGAS

Dipublikasikan pada : Feb 10 2023

Tertanggal 30 Januari 2023, SKK Migas menerbitkan Surat Persetujuan Procurement List 2023 yang ditandatangani oleh Kepala Divisi Pengelolaan Penadaan Barang dan Jasa SKK Migas, Widi Santoso. Surat tersebut dapat diunduh di website Centralized Integrated Vendor Database (CIVD) SKK Migas (https://civd.skkmigas.go.id/) pada kolom berita atau link re-upload di website adpmet https://storage.googleapis.com/adpmet/1757409308209926.pdf. Pada lampiran surat tersebut terdapat daftar persetujuan Procurement List 2023 Original sebanyak 1500 judul tender/kontrak pengadaan barang dan jasa dari berbagai KKKS pada tahun 2023. Pekerjaan yang ditenderkan dari pengadaan IT services, catering, transportasi, software, peralatan pemboran, studi, survei, sertifikasi serta banyak jenis lainnya.

 

Andang Bachtiar selaku Sekjend ADPMET mendorong BUMD yang mendapatkan PI 10% bisa segera bersiap diri dan membidik peluang bisnis pengembangaan usaha di bidang migas yang diantaranya bisa diambil dari beberapa pengadaan yang dikeluarkan oleh SKK MIGAS. Hal tersebut adalah sejalan dengan tujuan diberikannya PI 10% kepada BUMD agar BUMD bisa mandapatkan manfaat berganda dari dana PI 10% yang digunakan untuk pengembangan usaha BUMD. Baik manfaat secara langsung berupa keekonomian mendapatkan pemasukan non PI, manfaat menyerap tenaga kerja lokal sebagai vendor lokal, serta manfaat mendapat pengalaman karena bisa berpartisipasi ikut dalam kegiatan nyata eksplorasi dan produksi migas di Indonesia.

 

Untuk bisa menjalankan bisnis atau usaha tersebut diharapkan BUMD yang bergerak dalam services hendaknya mempersiapkan diri dari mulai mendaftarkan di sistem CIVD, memperluas relasi ke KKKS ataupun vendor berpengalaman, memiliki standar HSE (Health Safety Environment) yang bagus dan sesuai requirement, mempersiapkan struktur organisasi yang memiliki performa efektif dan efisien, menyiapkan dan mengembang tenaga kerja yang memadai, dan tentunya itu semua juga harus didukung dengan sistem pendanaan yang mencukupi dan teraudit baik. (PTS)