Follow Us :

ADPMET AWARD 2022

Dipublikasikan pada : Nov 14 2022

Melalui pengumpulan dan pengolahan data energi terbarukan dari daerah anggota ADPMET (Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan), serta dilengkapi dengan data dari Dewan Energi Nasional dan Kementerian terkait. ADPMET memberikan Award pada tahun 2022 yang bertujuan untuk mendukung dan memotivasi daerah anggota ADPMET dalam melaksanakan program transisi energi dan pengelolaan migas secara bersih menuju net zero emission 2060. 

Bersamaan dengan acara Rakernas ADPMET tanggal 8-10 November 2022 di Bali yang bertajuk ADPMET Pledge for Transition & Net Zero Emission 2060, ADPMET  memberikan award kepada Provinsi, Kabupaten/Kota, serta BUMD dalam tujuh kategori, yaitu:

1. "Implementasi Kebijakan dan Regulasi Perda RUED" 

Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Aceh

Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Aceh telah memiliki banyak peraturan daerah dan peraturan pelakasaan turunan dari PERDA RUED yang berguna membantu pengembangan energi terbarukan di daerah.

 

2. "Optimisme Energi Terbarukan dalam Bauran Energi RUED 2025" 

Provinsi Lampung 

Provinsi Lampung optimis dapat memakai 36% Energi Terbarukan pada Bauran Energi Daerah Tahun 2025  seperti yang tercatat di RUED.

 

3.  "Agresivitas Transisi Energi Daerah Penghasil Migas 2025" 

Provinsi Sulawesi Tengah

Provinsi Sulawesi Tengah memiliki agresivitas yang tinggi dalam mentransformasi sumber energi dari Migas menjadi Energi Terbarukan. Porsinya pemakaian energi terbarukan 175% dari energi migas pada tahun 2025.

 

4. "Capaian Kinerja Daerah Anggota ADPMET dalam Penggunaan Energi Terbarukan" 

a. Provinsi Jawa Tengah

b. Kabupaten Siak

Provinsi Jawa Tengah telah memakai dan menganggarkan 32 Milyar rupiah pada tahun 2019-2022 dari APBD untuk mengadakan ketersediaan energi untuk rakyat dari Energi Terbarukan.

Kabupaten Siak telah berhasil mengelola beberapa pembangkit PLTS yang dibangun oleh Pusat/APBN yang kemudian menjadi Aset Daerah Kabupaten Siak, dan listriknya dibeli oleh PLN.

 

5. "Komitmen Daerah dalam Keaktifan di ADPMET"

a. Provinsi Jawa Barat

b. Kabupaten Wajo dan Kabupaten Musi Banyuasin

 

6. "BUMD Pengelola Bisnis Energi Terbarukan dengan Kapasitas Produksi Terbesar"

PT. Sumsel Energi Gemilang 

PT. Sumsel Energi Gemilang aktif sebagai pengelola PLTS Terbesar dengan kapasitas2 MW.

 

7. "BUMD Paling Agresif dalam Pemanfaatan Pendapatan PI10% untuk Transisi Energi"

PT. Migas Utama Jabar


Selamat kepada seluruh peraih ADPMET Award 2022. Semoga menjadi motivasi bersama untuk meningkatkan kinerja dan manfaat kemudahan akses energi serta kesejahteraan kepada masyarakat. Selain itu antar daerah diharapkan dapat saling bersinergi ataupun bertukar pengalaman guna percepatan pengembangan Energi Terbarukan di Daerah.