Follow Us :

Montd’or Oil Tungkal Memulai Kegiatan Pengeboran Sumur Pengembangan di Lapangan Pematang Lantih

Dipublikasikan pada : Aug 16 2022

Montd’or Oil Tungkal Memulai Kegiatan Pengeboran Sumur Pengembangan di Lapangan Pematang Lantih

Perusahaan migas Montd’or Oil Tungkal Ltd telah memulai kegiatan Development Drilling sumur pengembangan Pematang Lantih-12 (PLT-12) di Lapangan Pematang Lantih pada Wilayah Kerja (WK) Tungkal PSC yang terletak di Kab. Tanjung Jabung Barat- Provinsi Jambi (27 Juli 2022). Sumur pengembangan PLT-12 merupakan salah satu sumur dari empat sumur dibawah program kerja pengembangan tahun 2021 Montd’or Oil Tungkal Ltd. Tahun lalu, Montd’or Oil Tungkal Ltd telah menyelesaikan pemboran dua sumur pengembangan yaitu MGH-45 dan MGH-47 di Lapangan Mangoepeh. Tahun ini, Montd’or Oil Tungkal berencana melakukan dua pemboran sumur pengembangan di Lapangan Pematang Lantih yaitu PLT-12 dan PLT-13. Perusahaan tersebut berencana mengebor sumur terakahir PLT-13 setelah sumur PLT-12 selesai. PLT-12 dan PLT-13 diharapkan berkontribusi dengan target produksi sekitar 434 bopd. 

Saat ini kepemilikan WK Tungkal PSC 100% dipegang oleh Montd’or Oil PSC. Kontrak PSC dijadwalkan akan berakhir pada agustus 2022. Kontrak baru selama 20 tahun diberikan kepada Montd’or pada November 2018 berdasarkan ketentuan Gross Split Fiscal Term. WK Tungkal PSC awalnya diberikan kepada Asamera pada 26 Agustus 1992 yang kemudian berganti nama menjadi Gulf Resources pada tahun 1997. Produksi pertama dari Lapangan Mangoepeh berasal dari sumur Mangoepeh-7 sebesar 300 bopd pada Desember 2004. Pada tahun 2005 produksi mencapai 1200 bopd dari empat sumur (Mangoepeh 7,8,9 & 11). Minyak bumi yang dihasilkan kemudiang dibawa ke kilang Plaju di Palembang. 

Lapangan Pematang Lantih ditemukan pada Desember 2014 dari Wildcat Pematang Lantih 3. Montd'or menyelesaikan setidaknya empat DST di Formasi Talang Akar untuk merekam aliran minyak. Sumur tersebut spudded pada pertengahan September 2014 dan mencapai TD 1.425 m pada 2 Oktober 2014. Pematang Lantih 3 menargetkan minyak di dalam reservoir batupasir pada umur Oligosen Atas-Miosen Bawah Formasi Talang Akar. Sumur tersebut mulai berproduksi pada Juli 2015. Kegiatan eksplorasi terakhir yang dilaporkan di blok tersebut adalah pemboran sumur appraisal Pematang Lantih 4 pada akhir tahun 2015 yang menargetkan batupasir Talang Akar.

Tentunya ADPMET berharap dengan adanya kegiatan Pemboran sumur pengembangan yang sudah atau sedang berlangsung di WK Tungkal PSC khususnya Lapangan Pematang lantih menjadi harapan bagi daerah serta nasional agar dapat meningkatnya produksi lifting minyak bumi dari Wilayah Kerja tersebut. Peningkatan lifting minyak bumi tentunya akan berpengaruh terhadap penerimaan daerah dari bagi hasil mingas serta dapat memberikan kontribusi yang positif bagi tercapainya target produksi minyak bumi nasional sebesar satu juta bopd di tahun 2030.