Follow Us :

KEMENTERIAN ESDM RI MENGUMUMKAN PEMENANG LELANG PENAWARAN LANGSUNG WILAYAH KERJA MIGAS TAHAP II TAHUN 2021, TIGA DI ANTARANYA ADALAH WK EKSPLORASI.

Dipublikasikan pada : Mar 22 2022

KEMENTERIAN ESDM RI MENGUMUMKAN PEMENANG LELANG PENAWARAN LANGSUNG WILAYAH KERJA MIGAS TAHAP II TAHUN 2021, TIGA DI ANTARANYA ADALAH WK EKSPLORASI.

Kementerian ESDM RI yang diwakilkan oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Tutuka Ariadji telah mengumumkan hasil pemenang lelang untuk wilayah kerja (WK) minyak bumi dan gas bumi tahan II pada Jumat (18/3/2022). Terdapat empat wilayah kerja (WK) yang ditawarkan dalam bentuk penawaran langsung pada kegiatan tersebut. Wilayah kerja (WK) tersebut terdiri 3 WK Eksplorasi yaitu WK North Ketapang, Agung I, Agung II, dan 1 WK Eksploitasi yaitu WK Bertak PIjar Puyuh. 

Wilayah kerja North Ketapang dimenangkan oleh Petronas Carigali Ketapang II Ltd dengan signature bonus sebesar US$ 500 ribu. selain itu terdapat komitmen pasti dengan rincian studi G&G sebesar US$ 1 juta, seismic 3D seluas 300 Km persegi sebesar US$ 6,39 juta, dan multiclient uplift fee-seismik 3D seluas 262 Km persegi sebesar US$ 750 ribu.

Wilayah kerja Agung 1 dimenangkan oleh BP Exploration Indonesia dengan signatur bonus sebesar US$ 100 ribu dan terdapat komitmen pasti dengan rincian berupa studi G&G sebesar US$500 ribu dan seismic 2D seluas 2000 Km dengan nilai sebesar US$ 2 juta.

Wilayah kerja Agung II dimenangkan oleh Agung II dimenangkan oleh BP West Papua I dengan signature bonus sebesar US$100 ribu dan terdapat komitmen pasti berupa studi G&G sebesar US$ 500 ribu dan seismik 2D seluas 2000 Km dengan nilai sebesar US$ 1 juta.

Terakhir, untuk wilayah kerja Bertak Pijar Puyuh dimenangkan oleh PT. Mitra Multi Karya dengan komitmen terap berupa workover untuk 8 sumur dengan nilai sebesar US$ 2 juta.

Selanjutnya, perusahaan pemenang lelang akan diberikan waktu selama 14 hari kerja sejak menerima pemberitahuan pemenang secara resmi untuk meyerahkan Letter of Intent kepada pemerintah. Mengikuti Permen ESDM No. 35 Tahun 2021, penandatanganan kontrak Kerjasama secara resmi akan dilakukan dalam waktu 60 hari kerja sejak pengumuman pemenang diumumkan. 

Silahkan unduh Permen ESDM No. 35 Tahun 2021 di adpmet.or.id atau melalui link berikut: https://adpmet.or.id/repo/peraturan

Terkait hak penawaran PI 15 % PT Pertamina (Persero), dimana PT. Pertamina mendapatkan hak PI 15% sesuai ketentuan dalam Bid Document dengan tata cara berdasarkan ketentuan dalam Peraturan Menteri ESDM No 35 Tahun 2021, maka Pemerintah juga akan menyampaikan hal ini kepada PT Pertamina (Persero).

Selain keempat WK tersebut, saat ini masih berjalan lelang regular WK Migas Tahap II 2021 yang terdiri dari empat wilayah kerja, yaitu WK Karaeng, WK Paus, WK Maratua II dan WK West Palmerah. Keempat wilayah kerja tersebut merupakan WK eksporasi. Jadwal akses dokumen lelang saat ini masih dibuka hingga 24 Maret 2022, sedangkan untuk pemasukan dokumen partisipasi pada tanggal 24-25 Maret 2022.

Melihat hal ini, ADPMET memandang bahwa geliat kegiatan eksplorasi migas di Indonesia masih cukup menjanjikan dan menarik minat investor tidak hanyak perusahaan migas dalam negeri namun juga perusahaan asing. Hal ini dapat terlihat dari total wilayah kerja yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia, dimana 7 wilayah kerja diantaranya merupakan WK eksplorasi. ADPMET juga berharap kedepannya kegiatan eksplorasi dan produksi migas di Indonesia terus meningkat sejalan dengan menyukseskan target pemerintah terkait target lifting minyak bumi 1 juta barel per hari (BOPD) dan gas sebesar 12 miliar standar kaki kubik per hari pada tahun 2030.